hidayatullahahmad

Mencoba berbagi dengan apa yang telah didapat. Hanya segelintir orang yang ingin mewujudkan Mimpin dan juga Harapan

ISA ALMASIH MENURUT ALQUR’AN

Tinggalkan komentar

Salah satu Rukun Iman yang wajib yang dipercayai umat Islam adalah meyakini keberadaan para nabi dan rasul. Al-Qur’an menyebutkan bahwa setiap umat atau tepatnya kaum terdapat rasul:

Sesungguhnya Kami telah mengutusmu dengan kebenaran sebagai pembawa berita gembira dan pemberi peringatan, dan pada setiap umat pasti ada seorang pemberi peringatan (QS Fathir [35]:24)

Meskipun para nabi dan rasul yang dituturkan hanya sebagian. Secara ringkas umat Islam mengenal dua puluh lima orang, sejak Nabi Adam, bapak umat manusia, sampai Nabi Muhammad saw sebagai penutup para nabi dan rasul. Di antara rasul itu terdapat Isa Al Masih putra Maryam. Umat Islam mempercayai Isa Al Masih adalah seorang nabi dan juga seorang rasul yang diutus khusus untuk bangsa Israel.

Dan (Ingatlah) ketika Isa ibnu Maryam berkata: “Hai Bani Israil, Sesungguhnya Aku adalah utusan Allah kepadamu, membenarkan Kitab sebelumku, yaitu Taurat, dan memberi khabar gembira dengan (datangnya) seorang Rasul yang akan datang sesudahku, yang namanya Ahmad (Muhammad).” Maka tatkala Rasul itu datang kepada mereka dengan membawa bukti-bukti yang nyata, mereka berkata: “Ini adalah sihir yang nyata.” (QS Ash-Shaff [61]:6).

Umat Islam sering atau cukup menyebut dengan nama Nabi Isa Alaihissalam, sebagaimana juga menyebut nabi dan rasul yang lain, seperti Ibrahim Alaihissalam, Sulaiman Alaihissalam, dan lain sebagainya. Sebagaimana nabi dan rasul seperti Nabi Ibrahim as dan Musa as, Isa Al-Masih mempunyai kedudukan yang penting dalam Islam, sehingga tidak heran jika beliau juga dimasukkan ke dalam golongan “ulul azmi.” Ulul Azmi adalah sebutan untuk para rasul yang sabar dan tabah dalam mendakwahkan ajaran Allah.

Nama Isa Al Masih disebut sebanyak puluhan kali di dalam Al-Qur’an. Mengenai kelahiran beliau misalnya. Narasi Qur’an tentang Isa dimulai dari kelahiran Maryam sebagai putri dari Imran, berlanjut dengan tumbuh kembangnya dalam asuhan Zakariya, serta kelahiranYahya.

Yang demikian itu adalah sebagian dari berita-berita ghaib yang kami wahyukan kepada kamu (Ya Muhammad); padahal kamu tidak hadir beserta mereka, ketika mereka melemparkan anak-anak panah mereka (untuk mengundi) siapa di antara mereka yang akan memelihara Maryam. dan kamu tidak hadir di sisi mereka ketika mereka bersengketa (QS Ali Imran [3]:44).

Kemudian Al-Qur’an menceritakan keajaiban kelahiran Isa sebagai putra Maryam tanpa seorang ayah.

Dan ketika malaikat berkata: “Hai Maryam, Sesungguhnya Allah Telah memilih kamu, mensucikan kamu dan melebihkan kamu atas segala wanita di dunia (QS Ali Imran [3]:42).

(Ingatlah), ketika Malaikat berkata: “Hai Maryam, seungguhnya Allah menggembirakan kamu (dengan kelahiran seorang putera yang diciptakan) dengan kalimat (yang datang) daripada-Nya, namanya Al Masih Isa putera Maryam, seorang terkemuka di dunia dan di akhirat dan termasuk orang-orang yang didekatkan (kepada Allah) (QS Ali ‘Imran [3]: 45)

Kelahiran Isa Al-Masih ini bukan sesuatu yang sangat luar biasa karena hal yang sama juga terjadi pada penciptaan Adam yang bahkan tanpa ayah dan Ibu. Yang pasti, baik Adam maupun Isa sama-sama terbuat dari tanah.

Sesungguhnya misal Isa di sisi Allah, adalah seperti Adam. Allah menciptakan Adam dari tanah, Kemudian Allah berfirman kepadanya: “Jadilah”, maka jadilah dia (QS Ali ‘Imran [3]: 59).

Hal ini menunjukkan pada dasarnya para rasul itu hanya manusia biasa yang mendapat wahyu atau pengajaran langsung dari Allah mengenai jalan hidup menuju kebenaran. Isa memiliki beberapa mukjizat atas kekuasaan Tuhan. Di samping kelahirannya, Ia mampu berbicara saat berumur hanya beberapa hari, Ia berbicara dan membela Ibunya dari tuduhan perzinaan. Dalam Qur’an juga diceritakan saat Ia menghidupkan orang yang sudah mati, menyembuhkan kebutaan dan lepra.

Ingatlah ketika Allah mengatakan: “Hai Isa putra Maryam, ingatlah nikmat-Ku kepadamu dan kepada ibumu di waktu Aku menguatkan kamu dengan Ruhul qudus. kamu dapat berbicara dengan manusia di waktu masih dalam buaian dan sesudah dewasa; dan (Ingatlah) di waktu Aku mengajar kamu menulis, hikmah, Taurat dan Injil, dan (ingatlah pula) diwaktu kamu membentuk dari tanah (suatu bentuk) yang berupa burung dengan ijin-Ku, Kemudian kamu meniup kepadanya, lalu bentuk itu menjadi burung (yang sebenarnya) dengan seizin-Ku. dan (Ingatlah) di waktu kamu menyembuhkan orang yang buta sejak dalam kandungan ibu dan orang yang berpenyakit sopak dengan seizin-Ku, dan (Ingatlah) di waktu kamu mengeluarkan orang mati dari kubur (menjadi hidup) dengan seizin-Ku, dan (Ingatlah) di waktu Aku menghalangi Bani Israil (dari keinginan mereka membunuh kamu) di kala kamu mengemukakan kepada mereka keterangan-keterangan yang nyata, lalu orang-orang kafir diantara mereka berkata: “Ini tidak lain melainkan sihir yang nyata”. (QS Al-Maidah [5]:110).

Para rasul, termasuk Isa Al Masih, bukan malaikat. Mereka juga melakukan hal-hal yang wajar yang dilakukan oleh orang kebanyakan dan juga mengalami hal yang sama seperti lahir, hidup, makan, minum, dan mati.

Al-Masih Putra Maryam itu hanya seorang rasul … dan ibunya seorang yang benar, keduanya biasa memakan makanan … (QS Al-Maidah [5]:75)

Demikian pula apa yang terjadi dengan Isa Al-Masih. Beliau juga berharap agar beliau selalu dalam keadaan selamat di dunia dan akherat sebagaimana termaktub dalam Al-Quran berikut ini:

Dan kesejahteraan semoga dilimpahkan kepadaku, pada hari Aku dilahirkan, pada hari Aku meninggal dan pada hari Aku dibangkitkan hidup kembali (QS Maryam [19]:33).

oleh

Penulis: hidayatullahahmad

Sekedar berbagi dengan apa yang telah didapat.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s