hidayatullahahmad

Mencoba berbagi dengan apa yang telah didapat. Hanya segelintir orang yang ingin mewujudkan Mimpin dan juga Harapan

Cara dual boot windows 7 dan windows 8

3 Komentar

Cara dual boot windows 7 dan windows 8

Sekitar beberapa hari yang lalu adik ipar saya baru membeli sebuah laptop samsung dengan prosesor AMD A6-4400M APU Radeon(tm) HD graphic 2.70 GHZ dan ram 2 GB. Itu hanya sekedar informasi yang saya pakai untuk membuat dual boot windows 7 dan windows 8 di laptop samsung tersebut.

Dan sebelumnya saya sudah membuat posting tentang cara dual boot windows 8 dan windows xp di pc, dan dual boot atau triple boot antara windows, linux ubuntu dan android. Apapun bisa dilakukan pada komputer ataupun laptop yang kita punya asalkan laptop atau pc kita sudah memenuhi kriteria atau mempunyai specs yang diperlukan untuk sebuah sistem operasi.

Cara instal dual boot windows 7 dan windows 8 ada beberapa hal yang perlu diperhatikan atau perlu nya mengetahui beberapa langkah yang harus dilakukan pertama kali. Pada Laptop samsung AMD A6-4400M vision cara pertama adalah dengan mengubah sedikit bios setting dengan mengeklik tombol F2 pada saat laptop pertama kali berjalan, kemudian pilih boot system pertama nya adalah cdrom first boot. Biasanya disana terdapat nama cdrom nya tapi saya lupa nama cd-romnya, soalnya sekarang laptopnya sudah dibawa oleh adik ipar saya🙂.

Langkah pertama untuk dual boot windows 7 dan windows 8 adalah :
1. Melakukan partisi pada harddisk, karena laptop nya baru jadi saya membuat tiga partisi yaitu Drive C atau partisi pertama adalah 100 GB, Drive D atau partisi kedua sekitar 50GB dan untuk Selebihnya Drive E untuk Penyimpanan data yang lain seperti file musik, video dll.
Untuk yang harddisk nya sudah dipartisi atau sudah di instal windows pastikan partisi untuk windows 8 adalah minimal 15GB dan windows 7 pun 15GB. Untuk membuat partisi dengan partition wizard tool bisa dilihat di video dibawah ini:

2. Install windows 7, setelah partisi dibuat sekarang saatnya menginstal windows. Pertama kali yang harus di install pada pc atau laptop adalah windows 7, tapi jika mau windows 8 dulu juga bisa dan tulis cd key atau serial number windows 7 dikertas untuk nanti dibutuhkan pada saat penginstalan, masukan cd windows 7 kedalam cd-rom kemudian restart PC atau laptop dan kemudian pada saat layar komputer atau laptop menyala sambil tekan tombol F11 untuk memunculkan pilihan boot yang pertama misalnya boot pertama untuk harddisk dan boot kedua untuk cd-rom, nah yang kita pilih adalah boot yang kedua adalah boot ke cdrom, namun pada beberapa komputer atau laptop terdapat setingan yang berbeda jadi jika F11 tidak bisa, coba dengan menekan tombol F9 atau F10 atau F12. Atau jika cd rom pada komputer atau laptop rusak maka bisa melakukan penginstalan windows 7 di usb drive, untuk membuat usb drive boot windows 7 bisa dilihat disini.

3. Booting windows 7, Jika sudah boot ke cd-rom maka penginstalan windows 7 akan segera berjalan dan ikuti langkahnya sesuai dengan intruksi yang ada disana. Namun untuk partisi pilih partisi yang sesuai atau telah kita dibuat sebelumnya misalnya partisi atau Drive C maka pilih partisi tersebut, saran saya pilih partisi pertama atau Drive C untuk melakukan penginstalan windows 7, jika pada partisi pertama atau Drive C: adalah sebesar megabyte misalnya 100 MB atau 200 MB lebih, maka pilih Drive D: yang besarnya lebih dari 15 GB, yang partisi yang besarnya 100 atau 200 mb dan ukurannya bermacam-macam tapi yang saya tahu ukurannya tidak lebih dari 500 MB adalah partisi untuk system reverse atau partisi boot windows yang nantinya akan dipakai untuk booting.

4. Setelah windows 7 terinstal pada komputer atau laptop, selanjutnya ketahap berikutnya.

5. Masukan CD atau usb windows 8 restart laptop atau komputer, seperti biasa pada saat layar mulai muncul klik atau tekan tombol pilihan booting bisa F9,F10,F11 atau F12 tergantung setingan pada PC anda.

6. Setelah PC atau laptop sudah booting ke cdrom windows 8, kemudian pilih languange yang sesuai dan Keyboard pilih yang US klik next dan install, nah untuk partisi nya pilih partisi yang sudah dibuat untuk windows 8, misalnya Windows 7 di install pada Drive C maka windows 8 di instal di drive D. klik next dan penginstalan akan segera dimulai ikuti saja langkahnya sesuai dengan intruksi yang diberikan disana.

7. Setelah windows 8 sudah terinstall maka setelah komputer atau laptop di restart maka disana aka ada dua pilihan boot seperti gambar diatas yaitu windows 8 dan windows 7.

8. Selamat mencoba.

 

Penulis: hidayatullahahmad

Sekedar berbagi dengan apa yang telah didapat.

3 thoughts on “Cara dual boot windows 7 dan windows 8

  1. lw qta instal lwat plashdisk kan gak da cd keynya,,nah gi mna dh lw gtu

  2. oh jadi harus nyiapin 2 partisi buat itu win 7 dan win 8 gitu ?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s