hidayatullahahmad

Mencoba berbagi dengan apa yang telah didapat. Hanya segelintir orang yang ingin mewujudkan Mimpin dan juga Harapan

Tantangan Menulis yang diberikan kepada kami siswa-siswi anak kelas XII IPA MAN P.Bun

Tinggalkan komentar

Satu tantangan diberikan kepada kami anak kelas XII IPA oleh guru kami mr urip, kami mesti menceritakan tentang spidol yang beliau letakan diatas papan tulis. Kata beliau semua orang bisa menulis namun bagus tidaknya tulisan itu tergantung dari kwalitas isi tulisan itu sendiri. Namun juga banyak dari orang-orang terkadang tersendat /macet dalam menulis.
Saat itu tidak semua anak menanggapi tantangan itu, hanya 10 orang siswa saja yang mengumpulan tulisannya, dari situ banyak sekali fariasi tulisan-tulisan yang kami tulis diantaranya tulisan ini.

Spidol

Anda pasti tahukan? Sepidol merupakan salah satu alat tulis yang banyak berguna dalam kehidupan, baik itu dibidang pendidikan, seni dan budaya. Spidol digunakan sebagai alat untuk menulis saat proses pembelajaran berlangsung disekolah-sekolah, spidol juga digunakan dalam seni melukis dan menggambar serta hal-hal lainnya.
 Apa yang bisa anda lakuhkan dengan spidol yang berada didekat papan tulis?
 Bagaimana cara memakai sepidol yang baik?
Apa yang bisa anda lakuhkan dengan spidol yang berada didekat papan tulis?
Sebenarnya ada banyak hal yang bisa anda lakuhkan namun anda tidak menyadarinya, dengan sepidol yang terletak didekat papan tulis anda dapat menggunakanya untuk menulis bukan? Suatu ketika jika anda adalah seorang guru Mtk ataupun guru fisika disalah satu sekolah menengah atas, saat anda menyampaikan meteri-materi pembelajaran dikelas tentunya anda harus menjelaskan dengan menulis rumus-rumus ataupun contoh-contoh soal mengenai materi pembelajaran anda, tentunya anda menggunakan spidol untuk dapat menulisnya, dan sepidol juga dapat digunakan sebagai penunjuk meski ukuranya hanya kecil dan tidak sepanjang mistar atau penggaris. selain itu sepidol yang kebanyakan dianggap oleh orang-orang sebagai benda yang sepele ternyata banyak memberikan manfaat. Tentu saja spidol sebagai alat sarana menulis dalam pembelajarn memiliki peran penting bagi kemajuan siswa dan siswi dalam berprestasi. coba saja anda bayangkan, jika peroses belajar mengajar itu tidak menggunakan alat tulis (spidol) dan anda hanya menyampaikan materi anda dengan lisan pastinya siswa dan siswi anda akan sulit untuk memahami dan mengerti materi-materi yang telah anda berikan, dan mungkin bukan hanya siswa dan siswi anda saja yang kesulitan tetapi anda juga mengalami kesulitan saat menyampaikan materi-materi pembelajaran anda tanpa menggunakan alat bantu tulis (spidol). Jadi terbuktikan sepidol merupakan alat bantu tulis yang juga memiliki andil bagian atau memiliki peran dalam proses belajar mengajar.
Spidol tidak hanya digunakan untuk menulis dan menunjuk saja, sepidol juga dapat anda gunakan sebagai alat untuk menggambar maupun melukis dengan spidol itu anda dapat menghasilkan gambar atau lukisan yang baik meskipun hasinya tidak sebagus dan sindah gambar atau lukisan yg menggunakan kuas dan cat air. Namun sepidol juga memiliki kekurangan yaitu bila spidol dibuka terlalu lama maka spidol akan kering karna tinta sepidol berbeda dengan tinta lainnya. Tinta sepidol terbuat dari bahan kimia yang mudah kering jika terkena udara.

Bagaimana cara memakai spidol yang baik?
Caranya adalah dengan memegang ujung sepidol dan jangan sampai tangan anda terkena tinta dari spidol yang anda pakai, apa bila tangan anda terkena tinta dari sepidol yang anda pakai maka segeralah mencuci tangan anda dengan air yang mengalir sampai bersih, dan berusahalah menhindari bau dari spidol yang anda pakai, Karna zat adiktif yang terkandung dalam tinta spidol juga berbahaya bagi tubuh manusia. Jika anda ingin mengisi tinta spidol yang telah habis maka gunakanlah pipet untuk mengisi tinta ke dalam spidolnya agar tidak tumpah dan mengenai tangan anda dan Tutuplah kembali jika anda telah selesai mengisinya. Jika anda ingin memakai spidol untuk menunjukan angka-angka atau kalimat-kalimat yang ada di papan tulis tutuplah terlebih dahulu ujung spidol dengan tutup yang telah ada agar tinta spidol tidak mengenai tangan anda.

Saat tulisan ini telah dibaca beliau, beliau menjelaskan dan memberitahu kami cara menulis yang baik, alhasil tulisan ini banyak sekali kekurangannya, diantaranya masih banyak kalimat-kalimat yang tidak padu. Jadi kami mesti banyak berlatih. Beliau juga meberitahu kami dalam menulis judul carilah judul yang menarik yg membuat orang lain itu tertarik untuk membacanya, mengetahui apa si yang ada dalam tulisan itu, dalam tulisan kita harus memberikan informasi sehingga setelah orang membaca tulisan kita orang tersebut mendapatkan sesuatu yang baru.
Dengan catatan ini semoga dapat membantu kita dalam belajar menulis.

Penulis: hidayatullahahmad

Sekedar berbagi dengan apa yang telah didapat.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s