hidayatullahahmad

Mencoba berbagi dengan apa yang telah didapat. Hanya segelintir orang yang ingin mewujudkan Mimpin dan juga Harapan

Puasa dan Zakat

Tinggalkan komentar

Puasa dan Zakat

Puasa berasal dari kata (assiyamu), yang artinya menahan. Pada bulan ramadhan, setiap umat muslim diseluruh penjuru dunia yang telah baliq dan berakal diwajibkan untuk menjalankan ibadah puasa. Puasa disini berati menahan diri dari segala hal yang membatalkan ibadah puasa tersebut.

Sesuai dengan firman Allah SWT pada surah Al Baqarah ayat 183 yang artinya:

“ hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa.”

Ibadah puasa dapat mengantarkan manusia kepada ketaqwaan, menuju pada akhlaq yang sangat agung. Melatih diri untuk meninggalkan hal-hal yang disenangi, disebabkan cinta karena allah dan mendekatkan diri kepada- nya.

Puasa senantiasa mendatangkan perbaikan umat, sebab ibadah ini akan melahirkan etika dan sopan santun yang mulia, ketenangan dan ketentraman jiwa, serta sifat pemaaf sesama manusia. Rosululloh bersaba:

“apabila salah seorang diantara kalian sedang berpuasa, maka janganlah ia berkata keji dan berbantah-bantahan, maka hendaklah ia mengatakan: “sesungguhnya saya sedang berpuasa”.”

Zakat merupaakan salah satu rukun islam, yang berarti sejumlah harta yang harus dibayarkan atas harta yang kita miliki apabila telah mencapai syarat dan ketentuan tertentu. Zakat fitrah adalah zakat yang harus dikeluarkan oleh setiap umat muslim pada saat bulan ramadhan sampai menjelang hari raya Idul Fitri yang jumlahnya sebesar 2,5 kg dan berupa makanan pokok kita sehari-hari. Hokum mengeluarkan zakat fitrah adalah fardu ‘ain.

Zakat dapat membersihkan dan menyucikan hati dari penyakit bakhil, kikir, dan egois. Disamping itu zakat berfungsi membantu kaum muslimin untuk berjihat dijalan allah dan membantu fakir miskin. Allah berfirman:

“Ambillah zakat dari sebagian harta mereka, dengan zakat itu kamu membersihkan dan menyucikan mereka” (Qs. At-Taubah [9]:103)

Penulis: hidayatullahahmad

Sekedar berbagi dengan apa yang telah didapat.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s